Mon. Apr 29th, 2024

Jawa merupakan tempat yang memiliki keindahan tempat wisata maupun beraneka ragam rasa gurih dari kulinernya yang sangat nikmat dan cocok bagi lidah masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan rempah-rempah Indonesia sebagai bumbu dengan bahan yang merupakan ciri khas dari Jawa sendiri tentunya.

Meskipun dari Jawa Barat hingga Jawa Timur yang memiliki masing-masing makanan khasnya, tentunya dapat diketahui dengan banyaknya makanan yang menjadi kenikmatan dari konsumen-konsumennya.

Ketika ingin berkunjung ke Jawa, setidaknya kamu harus mencicipi 5 Rekomendasi makanan khas Jawa ini agar tau bagaimana enaknya kuliner dari Jawa. Berikut ini kita simak rekomendasi makanan unik dan gurih.

1. Rawon
Untuk kalian yang lagi berkunjung ke Jawa Timur, kalian sangat wajib untuk mencicipi makanan ini. Makanan ini sangat mudah kamu temukan di daerah Arekan, karena rawon sangat nikmat dengan potongan daging sapi yang lezat dan dicampur telur, nasi, daun bawang hingga kerupuk udang.

2. Garang Asem
Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini menggunakan bahan utama daging ayam yang dibungkus menggunakan daun pisang. Didominasi dengan rasa asam dengan pedas sangat nikmat apabila dimakan dengan nasi yang masih hangat. Rasa asam ini hadir dari belimbing sayur yang digunakan.

3. Soto Kudus
Eitss, kamu yang lagi berkunjung di Jawa Tengah jangan pernah ketinggalan dengan makanan satu ini. Soto yang sangat gurih dengan kecocokannya di menu sarapan sangat membuat kamu merasa ingin di mencicipinya!

4. Nasi Gandul
Nasi ini merupakan nasi khas dari Jawa Tengah khususnya di daerah Pati. Meskipun mirip dengan semur daging dengan campuran gulai Nasi Gundul ini disajikan dengan kuah serta potongan daging yang sangat menggoda.